Minggu , Juli 21 2024
Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pupuk Kaltim Pertahankan Properda Emas ke-9 dari Pemprov Kaltim
Pupuk Kaltim berhasil mempertahankan penghargaan Properda Emas ke-9 dari Pemprov Kaltim. (Dok. Pupuk Kaltim for Akurasi.id)

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pupuk Kaltim Pertahankan Properda Emas ke-9 dari Pemprov Kaltim

Loading

Penghargaan Properda Emas dari Pemprov Kaltim Sebagai Wujud Konsistensi Pupuk Kaltim Mengimplementasikan Tata Kelola Lingkungan

Kaltim.akurasi.id, Bontang – PT Pupuk Kalimantan Timur (Kaltim) kembali berhasil mempertahankan penghargaan Proper Daerah (Properda) peringkat Emas yang ke-9 dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim. Penghargaan diterima Direktur Operasi Pupuk Kaltim F Purwanto, dari Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024.

Diungkapkan F Purwanto, penghargaan ini merupakan wujud konsistensi Pupuk Kaltim mengimplementasikan tata kelola lingkungan, yang diselaraskan dengan pemberdayaan masyarakat dalam aktivitas industri secara berkelanjutan. Hal itu menjadi salah satu fokus Pupuk Kaltim, yang disikapi melalui kebijakan dan program strategis dengan berbagai peningkatan serta perbaikan setiap tahun.

Dimana inovasi yang digagas dan dikembangkan merujuk pada implementasi industri berbasis lingkungan yang sejalan dengan prinsip industri hijau. Sebagai bagian dari komitmen prinsip Environment, Social dan Governance (ESG) yang dikedepankan Pupuk Kaltim terkait aspek lingkungan dan pemberdayaan masyarakat.

“Atas dasar itu Pupuk Kaltim pun menerima Sertifikat Standar Industri Hijau dari Kementerian Perindustrian RI, menyusul pengakuan secara nasional dengan diraihnya level 5 penghargaan industri hijau sejak 2010,” ujar F Purwanto melalui rilis kepada Akurasi.id belum lama ini.

Jasa SMK3 dan ISO

Tema “Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan” pada Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini, juga dinilai selaras dengan upaya Pupuk Kaltim dalam menyikapi persoalan lingkungan khususnya di Kota Bontang dan Kaltim. Langkah ini dilaksanakan secara kontinyu melalui edukasi maupun turun langsung dalam aksi penyelamatan lingkungan di berbagai kawasan.

Terlebih Pupuk Kaltim berkomitmen untuk selalu memperhatikan proses bisnis sesuai dengan aspek tata kelola lingkungan secara berkelanjutan, serta meningkatkan kontribusi pemberdayaan masyarakat di berbagai bidang.

Baca Juga  BPS Sebut Angka Kemiskinan di Kaltim Turun

“Langkah ini pun sebagai upaya perusahaan memperkuat posisi sebagai pelopor transformasi hijau industri pupuk dan petrokimia di Indonesia,” tandas Purwanto.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pupuk Kaltim Pertahankan Properda Emas ke-9 dari Pemprov Kaltim
Direktur Operasi Pupuk Kaltim F Purwanto menerima penghargaan Properda Emas Ke-9 dari Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik. (Dok. Pupuk Kaltim for Akurasi.id)

Dijelaskannya, sesuai roadmap kinerja keberlanjutan, Pupuk Kaltim menargetkan penanaman 10 juta pohon hingga tahun 2030, sebagai bagian dari upaya dekarbonisasi menuju realisasi Net Zero Emission tahun 2060. Hal ini tidak hanya diwujudkan melalui program bersama stakeholder dan masyarakat, tapi juga melibatkan karyawan melalui gagasan Community Forest. Inisiatif ini pun bagian dari kerangka ESG Pupuk Katim di etape pertama yang berfokus pada pencapaian ekonomi sirkuler dan offset carbon.

Selain Community Forest, Pupuk Kaltim juga memulai penggunaan motor dan mobil listrik untuk aktivitas operasional, PLTS Atap di area perkantoran hingga revamping pabrik tertua.

“Sementara di etape kedua, Pupuk Kaltim akan mendorong low carbon sourcing dan carbon capture storage, yang dikemas dalam pengembangan teknologi serta inovasi untuk eksplorasi sumber energi terbarukan,” lanjut Purwanto.

Sejalan dengan itu Pupuk Kaltim juga melakukan penghematan energi, pengurangan emisi konvensional dan gas rumah kaca, pengurangan dan pemanfaatan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (LB3), serta limbah padat Non B3 yang tidak hanya terbatas di lingkungan dan area pabrik.

Perusahaan secara aktif juga mendorong kontribusi terhadap keanekaragaman hayati dan konservasi ekosistem perairan setiap tahun. Sehingga fokus pada penanganan persoalan sampah khususnya plastik dengan berbagai inovasi terbaru.

Sementara untuk meningkatkan fokus terhadap kemandirian masyarakat, Pupuk Kaltim juga mengangkat nilai budaya kearifan lokal, sebagai ciri khas dari keterpaduan sistem perekonomian kemasyarakatan berbasis People, Planet, Prosperity, Peace and Partnership (5P) yang sejalan dengan misi serta sasaran Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan. Termasuk dukungan terhadap pencapaian 17 Sustainable Development Goals (SDGs), dengan menyasar pemberdayaan masyarakat dan lingkungan sekitar perusahaan.

Baca Juga  Resmi! PKB Merapat ke Pasangan Rudy Mas'ud-Seno Aji di Pilgub Kaltim 2024

“Kesinambungan upaya tersebut dilaksanakan Pupuk Kaltim secara konsisten dan berkelanjutan. Baik dalam mendorong penguatan kapasitas masyarakat maupun kontribusi terhadap perbaikan lingkungan dengan mengedepankan tata kelola sesuai ESG,” tambah Purwanto.

Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik, mengapresiasi seluruh penerima Properda tahun ini sekaligus mengajak seluruh pihak meningkatkan peran dalam pengelolaan lingkungan, serta menaati semua peraturan lingkungan hidup yang berlaku. Kata dia, permasalahan lingkungan yang dihadapi saat ini semakin kompleks. Mulai dari perubahan iklim, penurunan kualitas udara, air dan tanah, serta hilangnya keanekaragaman hayati.

Namun demikian, Pemprov Kaltim akan terus berupaya mendorong peningkatan kinerja lingkungan hidup melalui berbagai kebijakan dan program inovatif secara berkelanjutan. Semangat ini pun diharap turut memacu peran seluruh pihak terkait di Kaltim. Agar terus meningkatkan kinerja terbaik dalam pengelolaan lingkungan hidup.

“Kita semua harus memiliki tanggung jawab menjaga dan melestarikan lingkungan hidup. Kaltim harus menjadi contoh dan pelopor pengelolaan lingkungan hidup yang baik di tanah air,” ungkap Akmal Malik. (adv/pupukkaltim)

 

Penulis: Pewarta
Editor: Redaksi Akurasi.id

Print Friendly, PDF & Email

cek juga!

Lahan Padi di Kaltim Menurun

Lahan Padi di Kaltim Menurun

Lahan Padi di Kaltim Menurun. Hal Ini Berimbas kepada Penurunan Produksi Padi Tahunan dan Pemenuhan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page