Senin , Juli 22 2024
Ketua KPU Kaltim, Fahmi Idris. KPU Kaltim Gelar Perhitungan Suara Ulang. (Istimewa)
Ketua KPU Kaltim, Fahmi Idris. KPU Kaltim Gelar Perhitungan Suara Ulang. (Istimewa)

KPU Kaltim Gelar Perhitungan Suara Ulang di 147 TPS

Loading

KPU Kaltim Gelar Perhitungan Suara Ulang pada 26 Juni 2024.

Kaltim.akurasi.id, Samarinda – Menindaklanjuti Surat Keputusan Konstitusi (MK) nomor 219-01-14-21/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim akan mengadakan perhitungan suara ulang (PSU) untuk dapil Kaltim pada 26 Juni 2024. PSU ini akan dilaksanakan di ratusan TPS yang tersebar di seluruh Benua Etam.

Ketua KPU Kaltim Fahmi Idris mengatakan, di Kaltim setidaknya ada 147 TPS yang akan dilakukan PSU. Di antaranya, Samarinda (41 TPS), Balikpapan (25 TPS), Bontang (6 TPS), Kutai Timur (16 TPS), Kutai Kartanegara (43 TPS), Kutai Barat (4 TPS), Berau (6 TPS), Paser (4 TPS), dan PPU (2 TPS).

“Hanya Mahakam Ulu yang tidak dilakukan PSU,” kata Fahmi Idris.

Dia menjelaskan, sebelum melaksanakan perhitungan suara ulang, pihaknya sudah melakukan sejumlah persiapan sebelumnya.

Jasa SMK3 dan ISO

“Persiapan sudah dilakukan juga, sejumlah KPU di kabupaten dan kota sedang memilah dan mengelompokkan kotak suara,” kata Fahmi Idris.

Fahmi Idris menekankan, TPS dengan jumlah kotak suara yang banyak, agar Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dapat membantu prosesnya. “PPK bisa membantu prosesnya namun pelaksananya tetap dari KPU masing-masing,” ujarnya.

Tahapan persiapan sebelum hari H pelaksanaan PSU mencakup beberapa kegiatan penting. Salah satunya adalah sosialisasi pelaksanaan PSU kepada partai politik, peserta pemilu, pemangku kepentingan, hingga masyarakat luas.

Selain itu, KPU juga bertanggung jawab atas pengadaan dan pendistribusian perlengkapan PSU. Langkah-langkah ini diambil untuk memastikan kesuksesan pelaksanaan PSU pada tanggal 26 Juni 2024.

“Setelah nanti PSU di lakukan, nanti akan ada rekapitulasi perhitungan suara dan pengumuman hasil rekapitulasinya pada 27 – 28 Juni 2024,” jelasnya. (*)

Penulis: Muhammad Zulkifli
Editor: Redaksi Akurasi.id

Print Friendly, PDF & Email
Baca Juga  Catat! Ini Barang yang Dilarang Dibawa di Bagasi Pesawat

cek juga!

Muhammad Faisal Tegaskan Kerja Sama Media dalam Layanan Masyarakat Diperbolehkan

Muhammad Faisal Tegaskan Kerja Sama Media dalam Layanan Masyarakat Diperbolehkan

Diskominfo Kaltim Tegaskan Tidak Ada Sentralisasi Publikasi dan Kerja Sama Media dalam Layanan Masyarakat Diperbolehkan. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page