Minggu , Juli 21 2024
Tujuh jemaah haji Embarkasi Balikpapan menghembuskan nafas terakhir saat tengah menjalankan ibadah haji. Rata-rata usia jemaah yang meninggal di atas 60 tahun. (Ilustrasi/Istimewa)
Tujuh jemaah haji Embarkasi Balikpapan menghembuskan nafas terakhir saat tengah menjalankan ibadah haji. Rata-rata usia jemaah yang meninggal di atas 60 tahun. (Ilustrasi/Istimewa)

Tujuh Jemaah Haji Embarkasi Balikpapan Meninggal di Tanah Suci

Loading

Jemaah Haji Embarkasi Balikpapan Meninggal saat Tengah Menjalankan Ibadah Haji. 

Kaltim.akurasi.id, Samarinda – Tujuh jemaah haji dari Embarkasi Haji Balikpapan menghembuskan nafas terakhir di Tanah Suci Makkah, saat tengah menjalankan ibadah haji. Kabar duka ini disampaikan oleh Ketua Tim Pendaftaran dan Dokumen Haji Reguler Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Kaltim, Khaeruddin.

“Hingga hari ini, tercatat tujuh jemaah haji dari Embarkasi Balikpapan yang wafat di tanah suci,” ujar Khaeruddin, Rabu (19/6/2024).

Dari tujuh jemaah yang meninggal, satu orang berasal dari Kalimantan Utara, satu orang dari Sulawesi Utara, dua orang dari Kalimantan Timur, dan tiga orang dari Sulawesi Tengah. Khaeruddin menjelaskan bahwa faktor usia dan penyakit menjadi penyebab utama wafatnya para jemaah.

“Rata-rata usia jemaah yang meninggal di atas 60 tahun. Selain itu, beberapa jemaah juga memiliki riwayat penyakit bawaan,” terangnya.

Jasa SMK3 dan ISO

Secara keseluruhan, Khaeruddin mengungkapkan bahwa 138 jemaah haji Indonesia telah wafat di Arab Saudi selama musim haji tahun ini. Pihaknya telah mendapatkan informasi resmi terkait penyebab kematian para jemaah dari tim medis di Tanah Suci.

“Semua informasi mengenai wafatnya jemaah haji berdasarkan diagnosa dari tim medis di sana,” tegasnya.

Di tengah cuaca panas yang melanda Arab Saudi saat ini, Khaeruddin mengimbau kepada seluruh jemaah haji untuk menjaga kesehatan dengan baik. “Jemaah yang sakit harus banyak beristirahat dan tidak memaksakan diri dalam menjalankan ibadah,” pesannya.

Ia berharap para jemaah haji yang masih berada di Tanah Suci dapat menyelesaikan ibadah dengan lancar dan kembali ke Tanah Air dengan selamat.

Kemenag Kaltim terus memantau kondisi kesehatan jemaah haji yang masih berada di Arab Saudi. Khaeruddin menyatakan bahwa pihaknya berkoordinasi dengan tim kesehatan haji di Tanah Suci untuk memastikan kesehatan para jemaah.

Baca Juga  Mahyudin Tarik Diri dari Pilgub Kaltim 2024

“Kami juga terus mengingatkan jemaah untuk menjaga kesehatan dan mengikuti arahan dari petugas haji,” imbuhnya.

Ia berharap tidak ada lagi jemaah haji yang meninggal dunia di sisa waktu pelaksanaan ibadah haji tahun ini. (*)

Penulis: Yasinta Erikania Daniartie
Editor: Redaksi Akurasi.id

Print Friendly, PDF & Email

cek juga!

Haji Tahun Ini: Pelayanan Maksimal, Jemaah Puas

Haji Tahun Ini: Pelayanan Maksimal, Jemaah Puas

Pelayanan Haji Tahun Ini Disebut Maksimal dan Membuat Jemaah Puas. Meskipun Masih Terkendala Soal Jaringan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page