Minggu , Juni 23 2024
Dorong Pengembangan Sektor Pertanian, DPTPH Kaltim Bakal Salurkan 18 Ribu Bibit Pohon Pisang Kepok Grecek
DPTPH Kaltim siap menyalurkan 18 ribu bibit pohon pisang kepok grecek. (Istimewa)

Dorong Pengembangan Sektor Pertanian, DPTPH Kaltim Siap Salurkan 18 Ribu Bibit Pohon Pisang Kepok Grecek

Loading

DPTPH Kaltim siap menyalurkan 18 ribu bibit pohon pisang kepok grecek kepada petani. Guna mendorong pengembangan sektor pertanian.

Kaltim.akurasi.id, SamarindaPemprov Kaltim melalui Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) kembali menunjukkan komitmennya dalam mengembangkan sektor pertanian hortikultura. Hal ini terlihat dengan rencana penyaluran sekira 18 bibit pohon pisang kepok grecek.

Bibit pohon pisang andalan dari Kaltim ini bakal disalurkan kepada para petani di tiga kabupaten Tanah Benua Etam, sebutan lain Kaltim. Guna mendorong pengembangbiakan salah satu komotias ekspor khas Kaltim ini.

Sebagaimana diketahui, komoditas pisang kepok grecek khas Kaltim diklaim mampu memberikan kontribusi besar dalam hal ekspor di sektor pertanian. Serta, menjadi alternatif selain perkebunan kelapa sawit.

Jasa SMK3 dan ISO

“Pemprov Kaltim mendukung untuk pengembangan pisang kepok grecek. Sebanyak 18 ribu pohon akan kita salurkan untuk tiga kabupaten,” ungkap Hal itu disampaikan Kepala Bidang Hortikultura DPTPH Kaltim, Kosasih, belum lama ini.

Pisang Kepok Grecek Raih Penjualan Tertinggi

Ia menjelaskan, pihaknya prioritas pengembangan pisang kepok grecek khas Kaltim karena peluang penjualannya yang tinggi. Baik di pasar domestik maupun pasar ekspor.

Melalui pameran Indonesia Tourism Investment and Trade Expo 2023 di Bali. Kosasih menyebutkan, DPTPH Kaltim berhasil meraup transaksi dagang sebesar Rp11, 23 miliar untuk komoditas pisang kepok grecek asal Kutai Timur (Kutim).

“Alhamdulillah, semoga menjadi motivasi bagi pelaku usaha di bidang hortikultura Kaltim,” terangnya.

Sebagai informasi, pisang kepok grecek merupakan salah satu varietas pisang kepok yang berasal dari Kabupaten Kutai Timur. Pisang ini memiliki ciri khas berkulit hijau dan daging buah berwarna kuning keputihan yang memiliki rasa manis dengan tekstur yang lembut.

Baca Juga  Disnakertrans PPU Tidak Bisa Beri Sanksi Perusahaan yang Melanggar K3

Terpisah, Ketua Koperasi Taruna Bina Mandiri, Priyanto menyatakan, selain memenuhi pasar lokal, pisang kepok grecek juga diekspor ke luar negeri. Negara tujuan ekspor meliputi Malaysia, Taiwan, Pakistan, dan Kanada.

Saat ini, luas lahan yang sedang dikembangkan mencapai sekitar 2.100 hektare (ha) yang didukung oleh pemerintah dan mandiri. Ia berharap pemerintah daerah dapat memperhatikan pembangunan infrastruktur pertanian agar petani dapat memaksimalkan pemasaran hasil panen. (adv/diskominfokaltim/pt)

Penulis: Pewarta
Editor: Devi Nila Sari

Print Friendly, PDF & Email

cek juga!

Ilustrasi daging kurban dijual kembali. (Istimewa)

Bolehkah Daging Kurban Dijual Kembali? Ini Kata MUI

Ketua Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Kaltim, KH Khayri Abusyairi Menjelaskan Terkait Hukum Daging Kurban …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page