Minggu , Juni 23 2024
Optimalisasi Pengelolaan Keuangan Daerah, Bapenda Jalin Sinergi bersama BPKAD Kaltim
Asisten Administrasi Umum Sekdaprov Kaltim, Riza Indra Riadi dalam rakor Bapenda bersama BPKAD Kaltim. (Dok Diskominfo Kaltim)

Optimalisasi Pengelolaan Keuangan Daerah, Bapenda Jalin Sinergi bersama BPKAD Kaltim

Loading

Bapenda jalin sinergi bersama BPKAD Kaltim. Guna sinergi dan optimalisasi pengelolaan keuangan daerah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Kaltim.akurasi.id, SamarindaPemprov Kaltim terus mendorong optimalisasi dalam pengelolaan keuangan daerah. Hal tersebut dilakukan melalui jalinan sinergi antar organisasi perangkat daerah (OPD) teknis.

Seperti yang dilakukan oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kaltim dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kaltim. Dengan menggelar Rapat Koordinasi Bapenda dan BPKAD se-Kalimantan Timur yang dilaksanakan di Hotel Aston Samarinda, Selasa (21/3/2023).

Asisten Administrasi Umum Sekdaprov Kaltim, Riza Indra Riadi yang hadir mewakili Gubernur mengatakan pentingnya transparansi pengelolaan dana dan pendapatan daerah. Sehingga, dapat memberikan informasi luas kepada publik. Pihak terkait punya peranan besar dalam membangun daerah dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Jasa SMK3 dan ISO

“Sinergi provinsi dan kabupaten/kota penting dalam mengoptimalkan pendapatan daerah. Peran serta dan tanggung jawab Kab/Kota serta peran Provinsi dalam pemungutan pajak bisa dibangun agar tercipta rasa memiliki membayar pajak tersebut untuk kesejahteraan masyarakat di daerah,” katanya.

Riza Optimis Kaltim Mampu Tingkatkan Pengelolaan Keuangan Daerah

Dalam kesempatan tersebut,  Riza juga menyinggung mengenai keberhasilan Provinsi Kaltim yang baru-baru ini mendapat dua penghargaan APBD Award 2023. Yakni, peringkat pertama kategori Realisasi Pendapatan Daerah Tertinggi dan peringkat kelima kategori Realisasi Peningkatan PAD Tertinggi.

“Penghargaan ini menjadi ajang pembuktian bagaimana Pemprov Kaltim mampu merealisasikan anggaran pendapatan dan belanja daerah untuk kesejahteraan rakyat,” ucapnya bangga.

Mantan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kaltim ini berharap, rakor menjadi momentum meningkatkan kapasitas dan kapabilitas aparatur Bapenda dan BPKAD se-Kaltim.

Menurutnya, karena Bapenda dan BPKAD adalah orang-orang terpilih. Makan, setiap hari harus meningkatkan dan memperbaharui pengetahuan dalam pengelolaan keuangan dengan baik.

Baca Juga  Pastikan Kewajiban Perusahaan Dipenuhi, Disnakertrans PPU Laksanakan Program Visitasi

“Inovasi selalu kita perlukan dalam perkembangan kinerja. Sering berkoordinasi dengan kawan-kawan daerah lain atau di pusat. Tidak hanya menunggu petunjuk dan arahan saja, agar cita-cita mensejahteraan rakyat bisa terwujud. Semoga pendapatan daerah kita tiap tahunnya selalu meningkat,” harap Riza.

Adapun kegiatan rakor ini mengambil tema Sinergitas Pengelolaan Keuangan Daerah dan Optimalisasi PAD antara Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Kora se- Kalimantan Timur. Menghadirkan nara sumber dari Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri. Serta tak luput kehadiran Kepala Bapenda Kaltim dan Kepala BPKAD Kaltim. (adv/diskominfokaltim/cht/pt)

Penulis: Pewarta
Editor: Devi Nila Sari

Print Friendly, PDF & Email

cek juga!

Jumpa Pers yang diinisiasi oleh Diskominfo Kaltim di Jalan Basuki Rahmat, Samarinda, Jumat (9/6/2024). (Dok. Diskominfo Kaltim)

Ada IKN, Kebutuhan Sapi Kurban Meningkat di Kaltim

Dengan bertambahnya IKN, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kaltim memprediksi kebutuhan sapi kurban meningkat di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page