Promosi yang maksimal akan menjadi magnet untuk bisa membangun kerja sama penanaman modal yang baik di Kaltim. Menyiapkan rencana image building bisa menjadi solusi dan alternatif untuk meningkatkan nilai investasi dan penanaman modal di Benua Etam.
Kaltim.akurasi.id, Samarinda – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kaltim menyiapkan berbagai kebijakan dan langkah strategis. Secara khususnya dalam meningkatkan investasi dan penanaman modal di Kaltim. Misalnya, dengan menguatkan promosi dan kerja sama penanaman modal.
Keinginan itu pun, bukan hanya digaungkan di tingkat Kaltim. Melainkan juga coba digalakan kepada 10 pemerintah kabupaten/kota di Kaltim. Utamanya lewat instansi terkait, yakni DPMPTSP kabupaten dan kota.
Kepala DPMPTSP Kaltim, Puguh Harjanto menjelaskan, bahwa salah satunya penguatan yang coba mereka lakukan yakni image building. Ini bertujuan sebagai penambahan modal yang menarik dalam menarik para investor.
“Dengan mengimplementasikan kebijakan pro penanaman modal dan menyusun rencana tindak image building lokasi penanaman modal,” ucapnya.
Selain itu juga pengembangan strategi promosi yang lebih baik (targetted promotion) terarah dan inovatif sangat diperlukan. Sebab pelaksanaan kegiatan promosi dalam rangka pencapaian target pengalaman modal yang telah ditetapkan.
“Kita juga menyarankan untuk peningkatan peran koordinasi promosi penanaman modal dengan BKPM, DPMPTSP provinsi maupun kabupaten/kota,” terangnya.
Puguh juga menjelaskan, penguatan peran fasilitas hasil kegiatan promosi secara proaktif untuk mentransformasi minat penanaman modal menjadi realisasi penanaman modal.
Terakhir, peningkatan kerja sama penanaman modal yang dilakukan oleh pemerintah daerah dengan negara lain atau badan hukum asing. Melalui pemerintah dan pemerintah daerah lain atau pemerintah kabupaten/kota atau swasta. Atas dasar kesamaan kedudukan dan saling menguntungkan. (adv/dpmptspkaltim/ar/drh)
Penulis: Pewarta
Editor: Redaksi Akurasi.id