Senin , Juli 22 2024
DPRD Bontang Usung Perda Inisiatif Guna Menjamin Hak Penyandang Disabilitas
Konsultasi Publik Komisi I DPRD Bontang terkait Raperda Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas. (Nuraini/Akurasi.id)

DPRD Bontang Usung Perda Inisiatif Guna Menjamin Hak Penyandang Disabilitas

Loading

Melalui Perda, Abdul Haris Sebut Hak Masyarakat Penyandang Disabilitas Akan Lebih Dilindungi

Kaltim.akurasi.id, Bontang – Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bontang melakukan konsultasi publik terkait pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tantang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas.

Pada pelaksanaannya, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bontang Usman mempertanyakan terkait kewajiban swasta. Dimana mempekerjakan paling sedikit satu persen penyandang disabilitas dari total pekerja atau pegawai. Hal itu berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016.

Kemudian sesuai pasal 53 Ayat 1 untuk pemerintah daerah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) sebanyak dua persen.

Jasa SMK3 dan ISO

Baginya, di Kota Bontang hal ini belum dijalankan dengan maksimal. Hal itu dia nilai dari minimnya penyandang disabilitas yang tercatat sebagai pegawai di intansi-instansi atau Operasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada.

“Saya harap pemerintah tidak hanya menuntut swasta. Tapi juga memperhatikan lingkungan pemerintahan sendiri karna tanggung jawabnya lebih besar,” ujarnya dikutip Akurasi.id.

Ketua Komisi I DPRD Bontang Abdul Haris pun menanggapi hal itu. Dia mengatakan keluhan yang telah disampaikan Usman merupakan dasar pertimbangan DPRD Bontang berinisiatif untuk membuat Raperda tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas.

“Dengan begitu kita juga berharap dengan adanya raperda yang akan disahkan menjadi perda ini, hak masyarakat penyandang disabilitas akan lebih dilindungi,” tutupnya. (adv/dprdbontang/nur/uci)

 

Penulis: Nuraini
Editor: Suci Surya Dewi

Print Friendly, PDF & Email
Baca Juga  Minim Sarpras dan Personil, Dewan Upayakan BPBD Bontang Dapat Tambahan Anggaran

cek juga!

Abdul Malik Apresiasi Kecamatan Bontang Selatan Juara Umum MTQ XVII Tingkat Kota

Abdul Malik Apresiasi Kecamatan Bontang Selatan Juara Umum MTQ XVII Tingkat Kota

Sukses MTQ XVII Tingkat Kota, Abdul Malik Mengimbau Seluruh Pihak Agar Memberi Dukungan Terbaik Pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page