Keberhasilan SMPN 3 Bontang dalam meningkatkan kualitas literasi mendapat apresiasi dari Disdikbud Bontang.
Kaltim.akurasi.id, Bontang – SMPN 3 Bontang terus menunjukkan komitmen dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa. Salah satunya melalui program literasi yang diterapkan di lingkungan sekolah. Program ini terbukti efektif dalam mendorong minat baca dan keterampilan literasi siswa.
Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMPN 3 Bontang, Rahayu Novita, menyebut jika hasil program tersebut terlihat dari peningkatan nilai rapor pendidikan literasi sekolah yang terus membaik dari tahun ke tahun.
“Terbukti dari rapor pendidikan, khususnya di bidang literasi, kami meningkat dari tahun ke tahun,” ujarnya saat dikonfirmasi media ini, Selasa (12/11/2024).
Program literasi di SMPN 3 Bontang tidak hanya meningkatkan minat baca siswa, tetapi juga berdampak positif pada kemampuan berpikir kritis dan analitis mereka.
Pengembangan literasi tersebut dirancang untuk menumbuhkan budaya literasi di kalangan siswa sejak dini. Sehingga dapat membentuk karakter belajar yang kuat dan menciptakan lingkungan akademik yang lebih dinamis.
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bontang, Bambang Cipto Mulyono, melalui Sekretaris Disdikbud Bontang, Saparudin, turut mengapresiasi keberhasilan SMPN 3 dalam meningkatkan kualitas literasi. Menurutnya, kemampuan literasi di kalangan pelajar sangat penting karena menjadi dasar dalam seluruh proses pembelajaran.
Literasi bukan sekadar kemampuan membaca, tetapi juga mencakup pemahaman, penalaran, dan kemampuan komunikasi yang sangat diperlukan dalam berbagai bidang ilmu. Kata dia, program literasi seperti ini harus terus didorong karena literasi adalah kunci utama bagi siswa untuk memahami informasi dan ilmu pengetahuan.
“Literasi yang baik membantu siswa dalam berpikir kritis, berargumentasi, dan membangun ide-ide mereka sendiri, sehingga ke depannya mereka bisa menghadapi tantangan,” tuturnya.
Saparudin juga menekankan pentingnya kolaborasi antara sekolah, guru, dan orang tua dalam menciptakan lingkungan yang mendukung peningkatan literasi. Ia berharap, dengan adanya program ini, siswa dapat lebih mudah menyerap ilmu pengetahuan dan mampu bersaing secara global.
“Peningkatan literasi ini sangat penting sebagai dasar kemampuan akademik. Dengan literasi yang baik, siswa bisa menyerap berbagai ilmu lebih cepat dan memiliki kemampuan berpikir yang lebih kritis,” tutupnya. (adv/disdikbudbontang/rae/uci)
Penulis: Rae
Editor: Suci Surya Dewi