Minggu , Juni 23 2024
Tarhib Ramadan, Baznas Bontang Bagikan Sembako ke Warga Pesisir
Simbolis penyerahan paket sembako baznas Bontang kepada warga. (Dok. Baznas Bontang)

Tarhib Ramadan, Baznas Bontang Bagikan Sembako ke Warga Pesisir

Loading

Tahun ini Baznas Bontang kembali menggelar Tarhib Ramadan atau bagi-bagi sembako kepada warga fakir miskin. Dengan mendistribusikan sebanyak 288 paket sembako ke pulau-pulau di pesisir Bontang.

Akurasi.id, Bontang – Menyambut bulan suci Ramadan 1444 H, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bontang menggelar kegiatan Tarhib Ramadan. Dengan membagikan paket sembako kepada warga fakir miskin.

Ketua Baznas Bontang, H Kuba Siga menjelaskan, kegiatan tersebut rutin dilakukan pihaknya setiap tahun. Untuk tahun ini baznas mendistribusikan sebanyak 288 paket sembako ke pulau-pulau yang berada di daerah pesisir Kota Bontang.

“Kegiatan ini biasa kami lakukan sebelum memasuki bulan suci Ramadan. Ini awalan dari serangkaian kegiatan tarhib ramadhan,” jelasnya kepada Akurasi.id, Rabu (22/03/2023).

Jasa SMK3 dan ISO

H Kuba merincikan, dari total paket sembako yang pihaknya distribusikan, yakni terbagi ke empat pulau berbeda. Pulau Gusung mendapat jatah 102 paket, Pulau Malahing 60 paket, Tihi-tihi 76 paket, dan Selangan 50 paket.

Paket sembako tersebut, kata dia, berisi minyak, kue, beras, gula, teh dan lainnya. Nilai satu paket sembako jika dirupiahkan setara Rp 300 ribu.

Baznas Bontang Turunkan 21 Anggota untuk Distribusikan Sembako

Pun untuk pendistribusiannya, baznas menurunkan 21 orang anggota. Yang kemudian dibagi menjadi dua tim. Setiap tim mendapat jatah kunjungan dua pulau.

“Kami distribusikan secara langsung ke tangan penerima,” ujarnya.

H Kuba juga bilang, sebelum mendistribusikan paket sembako. Pihaknya lebih dulu bersurat ke ketua RT yang ada di setiap pulau. Untuk melakukan pendataan kepada warga yang masuk dalam kategori fakir miskin.

“Sebelumnya kami bersurat dulu. Jadi RT yang data warganya yang berhak mendapat bantuan,” tambahnya.

Bukan hanya itu, pihak baznas juga berencana akan membagikan paket sembako kepada pasukan kuning, petugas pertamanan, security dan clening servis yang bekerja di lingkup pemerintahan Kota Bontang. Serta masyarakat umum yang masuk kategori fakir dan miskin.

Baca Juga  Tingkatkan Keterampilan, Disnakertrans PPU Kerjasama dengan LPK

“Itu akan kami distribusikan di bulan ramadhan ini. Tapi sebelum itu kami juga perlu bersurat ke setiap Kelurahan untuk data warga yang termasuk kategori fakir dan miskin,” jelasnya. (*)

Penulis: Fajri Sunaryo
Editor: Devi Nila Sari

Print Friendly, PDF & Email

cek juga!

Lokasi sampah menumpuk di Jalan Pattimura, Kelurahan Api-Api, Bontang Utara. (Istimewa)

Berani Buang Sampah Sembarangan, Siap-Siap Diangkut Satpol PP dan Denda Rp50 Juta

Warga Berani Buang Sampah Sembarangan dan Mengakibatkan Tumpukan Sampah di Jalan Pattimura Bontang. Kaltim.akurasi.id, Bontang– …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page