
Dewan dukung pengelolaan perjalanan dinas dengan aplikasi Simperjadin di lingkungan Pemkot Samarinda. Sebagai wadah administrasi yang lebih efisien.
Kaltim.akurasi.id, Samarinda – Ketua Komisi IV DPRD Samarinda Sri Puji Astuti mengapresiasi launching aplikasi sistem informasi manajemen perjalanan dinas (Simperjadin) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda. Sebagai wadah administrasi perjalanan dinas yang lebih efisien dan akuntabel. Dalam upaya meningkatkan transparansi dan mengurangi potensi penyalahgunaan anggaran.
Menurutnya, launching aplikasi perjalanan dinas merupakan hal yang sudah semestinya dilakukan. Mengingat perjalanan dinas yang dilakukan oleh berbagai instansi pemerintahan cukup banyak.
Hal tersebut ia sampaikan saat menghadiri kegiatan sosialisasi manajemen risiko. Sekaligus launching aplikasi Simperjadin di salah satu hotel Samarinda, Senin (13/05/2024).
Aplikasi ini diatur dalam Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 2 Tahun 2024 tentang Pelaksanaan Dinas Dalam dan Luar Negeri. Nantinya setiap aparatur sipil negara (ASN) baik legislatif maupun eksekutif akan menggunakan aplikasi tersebut. Agar menghindari kesalahan administrasi dalam perjalanan dinas.
Baca Juga
“Tujuan penggunaan aplikasi ini untuk menghindari kesalahan administrasi dan memudahkan pencatatan perjalanan dinas. Selain itu, sebagai wadah untuk meminimalisir kesalahan administrasi dan ketertiban perjalanan dinas,” jelasnya.
Tak hanya itu, ia menjelaskan, dengan adanya aplikasi tersebut dapat memantau lokasi perjalanan dinas pejabat pemerintah. Termasuk, berapa lama ia melakukan perjalanan tersebut. Sehingga, perjalanan dinas yang dilakukan pemerintah dapat lebih tertib dan aman. Sekaligus menjadi wadah kontrol penggunaan anggaran yang tidak semestinya dikeluarkan.
“Bukan hanya memantau perjalanan dinas orang. Tentu dengan aplikasi ini dapat memudahkan kita ke depannya dalam melakukan kontrol. Seperti menekan penggunaan anggaran yang tidak semestinya,” tutupnya. (Adv/dprdsamarinda)
Penulis: Dhion
Editor: Devi Nila Sari