Kebutuhan dan tuntutan konsumen yang menginginkan layanan perbankan digital yang cepat dan mudah, mampu dijawab oleh PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga). Melalui OCTO Merchant mitra usaha CIMB Niaga dapat dengan mudah mengembangkan usahanya.
Kaltim.akurasi.id, Samarinda – Malam sudah semakin larut, jam membidik pukul 23.00 Wita. Mata Andre mulai perih. Sebab, sedari tadi ia berkutat dengan catatan-catatan penjualan tokonya, menghitung pemasukan dan pengeluaran. Namun, cerita itu adalah masa-masa kelam yang dialami Andre. Sejak mengenal aplikasi OCTO Merchant dari PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga), rutinitas Andre berubah total. Kini, di waktu yang sama, ia sudah berbaring nyaman di atas kasur empuknya. Semua transaksi hariannya tercatat rapi dalam aplikasi tersebut.
“Aplikasi OCTO Merchant adalah yang terbaik yang pernah saya gunakan. Dana hasil penjualan masuk secara real-time ke rekening tanpa perlu menunggu,” ujar Andre.
Kemudahan ini membawa dampak signifikan bagi perputaran modal Andre. Perputaran uang yang cepat menjadi kunci penting dalam roda ekonomi. Uang yang bergerak dari satu tangan ke tangan lain menggerakkan perekonomian, memungkinkan bisnis berkembang, lapangan kerja terbuka, dan kesejahteraan masyarakat terwujud lebih awal.
Segendang seirama, CIMB Niaga, bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia juga berkomitmen memberikan kemudahan bagi UMKM, yang menjadi tulang punggung ekonomi daerah. Melalui berbagai inisiatif, CIMB Niaga memastikan berbagai aktivitas perbankan dapat dilakukan dengan mudah. “Nasabah adalah #YangUtama,” demikian semboyan yang dipegang teguh oleh perusahaan perbankan ini.
Sebagai informasi, OCTO Merchant, aplikasi besutan CIMB Niaga, hadir sebagai solusi digital lengkap untuk memudahkan transaksi pembayaran bagi pemilik toko yang telah bekerja sama dengan CIMB Niaga. Dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, OCTO Merchant siap membantu para merchant dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas bisnis mereka.
Untuk memudahkan pelanggan, aplikasi tersebut dilengkapi oleh sejumlah fitur. Seperti QRIS, yang menjadikan transaksi lebih mudah, aman, dan cepat. Ada juga “Laporan Transaksi” untuk mendapatkan laporan transaksi harian yang bisa di unduh dengan mudah. Selain itu, juga terdapat “Program Insentif” untuk meningkatkan transaksi dan mendapatkan insentif menarik.
Kemudian, ada pula fitur Hubungi Kami untuk layanan pelanggan. Tak hanya itu, fitur account pun dihadirkan untuk mengelola akun dengan mudah. Fitur unggulan lainnya adalah Cek Status Transaksi, yang hadir untuk memastikan transaksi berhasil dengan cepat. Jika transaksi tidak jadi, fitur Refund hadir untuk transaksi pengembalian dana jadi mudah, aman, dan cepat.
Yang tidak kalah penting, aplikasi ini dilengkapi fitur Octo Mobile Button, untuk akses cepat berbagai layanan perbankan. Serta fitur Inbox untuk mendapatkan notifikasi segala aktivitas. Dan yang terakhir ada fitur Tutorial, untuk mempelajari cara menggunakan OCTO Merchant dengan mudah.
Dengan fitur-fitur unggulan tersebut, pemilik UMKM bisa lebih mudah melakukan transaksi. Ada banyak keunggulan yang didapat dengan menggunakan layanan ini, yakni registrasinya yang mudah, menerima pembayaran lebih gampang, bisa meningkatkan keuntungan, serta bisa menghubungi layanan pelanggan atau call center kapan saja.
Optimalisasi Inovasi Tingkatkan Layanan Digital
Evita Barliana, Head of Region Jakarta A dan Kalimantan CIMB Niaga, menjelaskan bahwa Samarinda kini telah menjadi pusat pemerintahan, perdagangan, dan industri di Kalimantan Timur. Oleh karena itu, CIMB Niaga tak hanya mengoptimalkan layanan melalui berbagai kanal, tetapi juga memberikan nilai tambah bagi nasabahnya dengan berbagai inisiatif.
“Kami berkomitmen memberikan layanan prima dengan memadukan kapabilitas jaringan kantor cabang fisik dan layanan berbasis digital. Kami juga akan terus mengintegrasikan berbagai produk dan layanan kami ke dalam OCTO Mobile sehingga nasabah bisa melakukan beragam aktivitas perbankan sesuai kebutuhannya,” ujarnya di Samarinda, belum lama ini.
Evita juga menambahkan bahwa berkat dukungan para pemangku kepentingan, CIMB Niaga mencatat awal tahun 2024 dengan pertumbuhan yang baik. Pertumbuhan kredit atau pembiayaan yang sehat dan indikator kualitas aset yang membaik, menjadi dasar kuat bagi pihaknya untuk terus memberikan nilai lebih.
“Kami akan terus meningkatkan pengalaman nasabah melalui inovasi digital, menciptakan nilai jangka panjang dengan memprioritaskan kebutuhan para pemangku kepentingan dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Indonesia,” tegasnya. (*)
Penulis: Yasinta Erikania Daniartie
Editor: Fajri Sunaryo