Senin , Juli 22 2024
10.000 Personel Polri Diturunkan Untuk Amankan Pemilu 2024
Konferensi pers usai Tactical Floor Game (TFG). (Yasinta Erikania Daniartie/Akurasi.id)

10 Ribu Personel Polri Diturunkan Untuk Amankan Pemilu 2024

Loading

Polda Kaltim siap menurunkan 10 ribu personel guna pengamanan Pemilu 2024 di Tanah Benua Etam. Tidak hanya itu, Tactical Floor Game juga dilakukan guna mendeteksi titik kerawanan.

Kaltim.akurasi.id, Samarinda – Dalam upaya pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Kepolisian Daerah (Polda) Kaltim menurunkan 10 ribu personel pada berbagai titik di Tanah Benua Etam, sebutan lain Kaltim.

Kapolda Kaltim Irjen. Pol. Imam Sugianto mengungkapkan, pengamanan ini tidak hanya dilakukan oleh Polri. Melainkan bekerja sama dengan berbagai pihak termasuk Tentara Negara Indonesia (TNI) dan beberapa pihak terkait.

“Saya yakin kita akan kuat kalau kita kolaborasi bersama dalam rangka menjaga penyelenggaraan pemilu 2024,” terangnya saat melakukan konferensi pers di Gedung Plenary Convention Hall Samarinda, Rabu (6/9/2023).

Jasa SMK3 dan ISO

Kendati demikian, ia juga mengakui, bahwa salah satu aspek yang perlu diantisipasi adalah distribusi logistik pemilu. Untuk mengatasi ini, pihaknya pun telah menawarkan bantuan berupa armada kapal kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU). Hal ini akan membantu dalam mengatasi keterlambatan distribusi logistik terutama untuk wilayah-wilayah yang jauh dari ibu kota provinsi.

Tidak hanya mempersiapkan personel, dalam melakukan pengamanan pemilu, pihaknya pun melakukan Tactical Floor Game, peragaan Sispamkota dan deklarasi pemilu damai.

Simulasi Sispamkota bertujuan untuk mengukur potensi kerawanan pemilu yang ada di daerah. Berdasarkan lima dimensi, yaitu penyelenggara pemilu, peserta pemilu, masyarakat pemilih, keamanan, dan geografi.

“Semoga dengan adanya simulasi ini tidak membuat kita lengah. Namun, harus lebih waspada dan mengantisipasi setiap kemungkinan,” tuturnya.

Terakhir, ia menyatakan, akan berkoordinasi dengan semua pihak yang terlibat dalam rangka menjaga keutuhan dan kedaulatan negara.

“Kita semua berharap pemilu 2024 akan berjalan dengan sukses aman, damai, dan demokratis,” pungkasnya. (*)

Baca Juga  Lulusan SMK dan PTV Kaltimtara Masih Kurang Siap Kerja, Perlu Revitalisasi Kurikulum dan Sarana Praktikum

Penulis: Yasinta Erikania Daniartie
Editor: Devi Nila Sari

Print Friendly, PDF & Email

cek juga!

Partisipasi Pemilih di Samarinda Terendah se-Kaltim, KPU Targetkan Meningkat di 2024

Partisipasi Pemilih di Samarinda Terendah se-Kaltim, KPU Targetkan Meningkat di 2024

Samarinda Menduduki Posisi Terakhir Partisipasi Pemilih se-Kaltim, Pada Pilkada 2020 Lalu Hanya 52 Persen Kaltim.akurasi.id, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page