Pariwara

Baznas Berau Kunjungi Bontang, Program Zmart Dilirik

Baznas Berau Kunjungi Bontang, Program Zmart Dilirik
Ketua Baznas Bontang, Haji Kuba Siga (kanan) menyerahkan cendera mata kepada Ketua Baznas Berau, Haji Busransyah. (Rezki Jaya/Akurasi.id)

Baznas Berau kunjungi Bontang, program Zmart dilirik. Alasan Baznas Bontang dijadikan percontohan lantaran pernah menjadi predikat juara pertama pada Lomba Program Pemberdayaan Ekonomi Lembaga Ziswaf.

Akurasi.id, Bontang – Dalam rangka kunjungan kerja, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kebupaten Berau mengunjungi Baznas Kota Bontang. Pertemuan itu digelar di Aula Hotel Andika, Jalan Angkasa, Kelurahan Berbas Tengah, Bontang Selatan, Kamis (28/10/2021).

Ketua Baznas Bontang, Haji Kuba Siga menjelaskan, kunjungan Baznas Berau ke Kota Taman -sebutan Bontang- yakni silahturahmi sekaligus berbagi program kerja. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas di daerah masing-masing.

“Kami bisa saling tukar pengetahuan, mereka (Baznas Berau) ingin melihat salah satu program unggulan di Bontang yakni Zmart,” ucapnya saat ditemui Akurasi.id usai kegiatan.

Dia menjelaskan, Baznas Bontang dijadikan percontohan lantaran pernah menjadi predikat juara pertama pada Lomba Program Pemberdayaan Ekonomi Lembaga Ziswaf. Yakni pada Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) yang diadakan Bank Indonesia (BI) melalui Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kaltim beberapa waktu lalu.

Kuba melanjutkan, program yang dimaksud yakni program pemberdayaan ekonomi umat yang saling berhubungan. Yakni Zmart yang dipadukan dengan program Infak Seribu Rupiah per Pekan Bagi Setiap Rumah Tangga (Insert).

“Mereka ingin menduplikasi di Berau, maka ini sangat efektif dalam membantu memberdayakan ekonomi umat di wilayah kebupaten atau kota di Kaltim,” ucapnya.

Baca Juga  Peringati HUT Kota Samarinda, Andi Harun Bicara Kesiapan SDM Sambut IKN
Baznas Berau Kunjungi Bontang, Program Zmart Dilirik
Kunjungan Baznas Berau ke Baznas Bontang di Aula Hotel Andika, Kamis (28/10/2021). (Rezki Jaya/Akurasi.id)

Lebih lanjut, Kuba memaparkan, Baznas Bontang belajar banyak dari Baznas Berau. Karena menurutnya, memajukan program saling membutuhkan dukungan antara satu dengan yang lain.

“Sehingga bisa didiskusikan jadi lebih sempurna lagi. Harapan kami ingin kerja secara bersama-sama, jika ada hal positif kami bagi, jika ada kekurangan didiskusikan bersama,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Baznas Berau Haji Busransyah menjelaskan, salah satu program yang ingin diterapkan di Berau yakni Zmart. Karena program tersebut sudah berjalan di Kota Taman.

Baca Juga  Peringati HUT Kota Samarinda, Andi Harun Bicara Kesiapan SDM Sambut IKN

“Paling utama kami ingin membangun silahturahmi dan komunikasi antar pengurus Baznas di Kaltim. Kami ingin maju bersama, dengan berjalannya Zmart di Kota Bontang terlebih dahulu, Harapannya kami di Berau bisa menyusul,” ucap Busransyah.

Diketahui, Zmart merupakan program yang diluncurkan oleh Baznas pusat yang diterapkan oleh Baznas di setiap daerah termasuk di Kota Bontang. (*)

Penulis: Rezki Jaya
Editor: Suci Surya Dewi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait

Back to top button