Pariwara

Hebat! SMP YPVDP Bontang Raih Medali Emas di Kompetisi Sains Nasional 2021

Hebat! SMP YPVDP Bontang Raih Medali Emas di Kompetisi Sains Nasional 2021
Siswa-siswi peraih juara di KSN 2021 bersama kepala sekolah dan guru pembimbing SMP YPVDP Bontang. (Rezki Jaya/Akurasi.id)

SMP YPVDP Bontang raih medali emas di Kompetisi Sains Nasional 2021. Dengan usaha yang maksimal, siswa-siswi SMP YPVDP Bontang bisa mendapatkan prestasi, baik dalam bidang akademik maupun non akademik.

Akurasi.id, Bontang – Kompetisi Sains Nasional (KSN) belum lama ini diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Ajang tersebut diselenggarakan rutin setiap tahun.

Pada dasarnya, KSN ini dimaksudkan untuk mendorong semangat dan daya juang peserta. Kegiatan ini merupakan salah satu wadah strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran Matematika, IPA, dan IPS sehingga peserta didik menjadi lebih kreatif dan inovatif.

Tak ketinggalan di 2021 ini, SMP YPVDP Bontang berhasil membawa 3 murid berprestasi, bahkan salah satunya membawa medali emas dan juara di KSN di bidang IPS, serta juara di KSN bidang matematika. Penyelenggaraannya secara daring yang digelar di Gedung Knowledge House PT Badak LNG, 8-9 November 2021.

Peraih Medali Emas KSN 2021 Bidang IPS, Sevilla Nerindra Raysa merasa senang bisa meraih prestasi tersebut. Perempuan kelahiran Bontang, 15 tahun silam itu bangga bisa memperoleh prestasi gemilang di bidang IPS.

“Terima kasih untuk guru-guru yang sudah mendoakan, memotivasi, dan memfasilitasi kami selama persiapan hingga saat kompetensi dimulai. Tak lupa ucapan terima kasih juga buat orang tua yang selalu menemani saya belajar,” ucap putri pertama dari pasangan Supriansyah dan Masturah saat ditemui Akurasi.id di SMP YPVDP Bontang, Selasa (16/11/2021).

Di waktu yang sama, Peraih Juara Harapan KSN 2021 Bidang IPS, Dasyta Aulia Sari juga mengucapkan rasa syukur dan terima kasih, kepada pihak yayasan serta sekolah yang selalu memberi dukungan kepada murid-murid yang mengikuti lomba, mulai dari tingkat kota hingga nasional.

Baca Juga  Peringati HUT Kota Samarinda, Andi Harun Bicara Kesiapan SDM Sambut IKN

“Senang bisa ikut KSN terlebih hingga mendapat kesempatan juara di KSN 2021, apalagi hingga tingkat nasional, banyak pengalaman dan ilmu baru selama proses lomba itu,” ucap Putri pertama dari pasangan Wahyudi dan Chusnul Khotimah.

Tak ketinggalan, Peraih Juara Harapan KSN 2021 Bidang Matematika, Mohammad Rizqi Fajar Ar Rofiq pun mengucapkan terima kasih kepada segala pihak. Laki-laki kelahiran Bontang 14 tahun silam itu membeberkan, dukungan yang diberikan oleh pihak sekolah secara keseluruhan, mulai dari fasilitasi laptop, kuota internet, serta bimbingan guru yang maksimal.

“Senang sekali rasanya bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. Terima kasih untuk orang tua, teman-teman, guru-guru yang selalu membantu dan melatih kami dengan sabar, kami bisa mendapatkan hasil yang maksimal,” ucap putra ke-3 dari pasangan Suardi dan Ma’rifah itu.

Wakil Kepala SMP YPVDP Bontang Bidang Kurikulum, Linawati Endra Natalia merasa bangga dengan prestasi yang diraih murid-murid yang mengikuti KSN 2021. Perempuan yang juga pembina mata pelajaran matematika itu menjelaskan, pihaknya sudah mempersiapkan sejak Juli lalu.

Baca Juga  Peringati HUT Kota Samarinda, Andi Harun Bicara Kesiapan SDM Sambut IKN
Hebat! SMP YPVDP Bontang Raih Medali Emas di Kompetisi Sains Nasional 2021
Pembukaan KSN 2021 di Gedung Knowledge House PT Badak LNG (Dok SMP YPVDP Bontang)

“Bahkan persiapan yang kami lakukan mulai dari tahun ajaran sebelumnya, untuk menjelang KSN dari Juli hingga November. Yang kami lakukan mulai dari seleksi di sekolah, kota, provinsi hingga nasional,” ucap Lina

Persiapan lain yang pihaknya lakukan yakni bekerja sama dengan pihak luar sekolah, salah satunya lembaga kursus yang memberikan pelatihan kompetensi sains dari Jakarta dan Surabaya. Serta batuan dari guru-guru yang ada di SMA Vidatra.

“Mereka juga diikut sertakan dalam pelatihan KSN dari tingkat nasional yaitu Platos yang berlangsung selama 3 minggu walaupun secara daring,” tambahnya.

Dia melanjutkan, Siswa yang mengikuti KSN dikarantina selama 2 pekan di Gedung Knowledge House PT Badak LNG. Tujuannya agar para peserta hanya fokus mempelajari materi khusus yang ingin dilombakan.

Baca Juga  Peringati HUT Kota Samarinda, Andi Harun Bicara Kesiapan SDM Sambut IKN

“Dari pihak SMP pun banyak guru yang membimbing, mulai dari saya di bidang matematika, Sri Hening Istiqomah sebagai pembina sejarah dan sosiologi, Gunadi sebagai pembina IPS bidang geografis, Antonius di bidang ekonomi,” jabarnya.

Lina melanjutkan, lomba berjalan selama 2 hari, di hari pertama, yakni praktikum pembuatan video yang mengangkat potensi daerah, yakni pengalengan gammi bawis sebagai makanan khas Bontang, dan pelestarian cakar budaya di bidang IPS. Dan hari ke-2 yakni teori.

“Alhamdulillah, siswa yang mengikuti lomba sehat selalu dan maksimal dalam mengikuti lomba selama 2 hari,” ungkapnya.

Tak ketinggalan, Kepala SMP YPVDP Bontang, Siswanta mengucapkan rasa bangga atas prestasi yang diraih oleh siswa dan siswi, yang telah berhasil menunjukkan dan membawa nama baik sekolah, Kota Bontang, bahkan Provinsi Kaltim.

“Alhamdulillah kami bangga dengan mereka. Saya ucapkan selamat dan terima kasih atas perjuangan yang luar biasa, ini menjadi momen yang membuat kami menjadi terpacu untuk menghasilkan prestasi-prestasi baru ke depan,” ucap Siswanta.

Baca Juga  Peringati HUT Kota Samarinda, Andi Harun Bicara Kesiapan SDM Sambut IKN

Dia melanjutkan, dengan usaha yang maksimal, dia yakin siswa-siswi SMP YPVDP Bontang bisa mendapatkan prestasi, baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Dia berpesan agar seluruh siswa, yang belum mendapatkan prestasi untuk lebih giat belajar agar bisa memberikan yang terbaik untuk sekolah.

“Masih banyak waktu dan peluang yang bisa diraih, semua siswa memiliki potensi dan peluang yang sama, sekolah sangat mendukung baik di bidang akademik maupun non akademik. Tentunya dengan upaya, usaha dan doa,” pungkasnya. (*)

Penulis: Rezki Jaya
Editor: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait

Back to top button