
DPRD Samarinda pastikan bakal mengawal transparansi dalam proses rekrutmen di Job Fair 2025. Agar masyarakat mendapatkan kesempatan yang sama dalam program ini.
Kaltim.akurasi.id, Samarinda – Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda menggelar Job Fair 2025. Agenda ini dilaksanakan di Hotel Mercure, Rabu (25/6/2025).
Kegiatan ini menjadi salah satu upaya pemerintah, dalam menekan angka pengangguran. Dengan membuka akses langsung antara pencari kerja dan perusahaan penyedia lapangan kerja.
Anggota Komisi IV DPRD Samarinda, Herminsyah mengatakan, pihaknya akan melakukan pengawasan terhadap proses rekrutmen agar berjalan adil, terbuka, dan tepat sasaran.
Hal ini dilakukan dengan cara memantau jumlah pelamar yang diterima, membandingkan jumlah lowongan yang tersedia dengan minat masyarakat, serta memastikan seluruh proses berlangsung secara transparan.
“Hingga hari pertama pelaksanaan, jumlah pendaftar sudah mencapai sekitar 2.500 orang. Meskipun belum seluruhnya hadir secara langsung, panitia memperkirakan peserta akan terus berdatangan karena kegiatan ini digelar selama dua hari,” tuturnya.
Herminsyah mendorong organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, agar lebih aktif menyelenggarakan program-program yang berpihak pada pencari kerja. Agar dapat menekan pengangguran yang ada di Ibu Kota Kaltim ini.
“Kami berharap ke depan pemkot bisa menjalin kerja sama lebih luas dengan perusahaan-perusahaan lain. Supaya makin banyak peluang kerja yang terbuka, dan tentunya dapat menyerap tenaga kerja lokal,” tambahnya.
Baca Juga
Meski Herminsyah juga mencatat bahwa sebagian warga merasa lowongan kerja yang tersedia belum sesuai harapan. Namun ia menilai, apa yang dilakukan pemerintah dan perusahaan peserta tetap patut diapresiasi.
“Memang ada masukan dari warga yang merasa belum cocok dengan jenis lowongan yang tersedia. Tapi kita harus lihat ini sebagai langkah awal yang positif untuk mengurangi pengangguran. Setidaknya, kesempatan itu sudah mulai dibuka,” pungkasnya. (Adv/dprdsamarinda/zul)
Penulis: Muhammad Zulkifli
Editor: Devi Nila Sari