Aplikasi Sipelataran Sudah Lama Dilaunching, Masyarakat Belum Maksimalkan untuk Konsultasi

Suci Surya
4 Views
Tampilan awal dalam penggunaan layanan konsultasi Sipelataran. (istimewa)

Aplikasi Sipelataran diluncurkan untuk memaksimalkan pelayanan perizinan yang dilakukan DPMPTSP Kota Samarinda. Namun aplikasi ini masih belum banyak digunakan masyarakat untuk konsultasi.

Kaltim.akurasi.id, Samarinda – Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Samarinda Jusmarandhana Alus menjabarkan tata cara penggunaan digitalisasi strategi pelayanan langsung tanpa antrean. Sering disebut Sipelataran merupakan pelayanan konsultasi dengan video call secara langsung.

“Sudah unggah juga di YouTube resmi kami terkait tutorial penggunaan Sipelataran ini. Cuma kalau memang diperlukan saya jelaskan kembali,” ujarnya kepada Akurasi.id belum lama ini.

Pada tahap pertama aplikasi ini dapat dibuka melalui aplikasi browser pada perangkat, yang kemudian langsung mengetik alamat web Sipelataran yakni sipelataran.samarindakota.id. Dari sana nanti akan muncul tampilan dari digitalisasi Sipelataran yang didalamnya terdapat menu login dan register.

“Tentu kalau mau membuka harus mendaftar dulu, jadi yang paling utama daftarkan dulu diri anda. Tidak banyak hanya mengisi nama, NIK, email, dan nomor WhatsApp yang aktif beserta sandi, mudah saja,” imbuhnya.

Apabila sudah berhasil membuat akun akan ada tanda merah pemberitahuan di bagian atas ‘berhasil membuat akun’. Setelahnya dipersilahkan login. Langkah berikutnya, pengguna yang akan melakukan konsultasi online dapat melanjutkan login dengan memasukkan username dan password yang sudah terdaftar.

“Untuk tampilan Sipelataran terdiri dari tiga bar, yakni beranda yang berisi tentang jumlah tenan yang ada di Mal Pelayanan Publik (MPP) Samarinda. Untuk tanda merah artinya tenan dalam keadaan offline,” tegasnya.

Sedangkan untuk bar riwayat yang akan berisikan tentang percakapan selama penggunaan dan konsultasi di Sipelataran ini. Sedangkan profil akan berisi informasi terkait pengguna. Dari situ sudah bisa dilakukan konsultasi, dan perlu diingat bahwa layanan hanya bisa dilakukan apabila tenan dalam Sipelataran berwarna hijau.

Untuk diketahui, Sipelataran sudah lama launching dan hingga kini belum banyak yang menggunakan fitur ini. Padahal menurut Jusmara layanan ini sangat menguntungkan dan praktis. (adv/dpmptspkaltim/ar/uci)

Penulis: Pewarta
Editor: Suci Surya Dewi

Share This Article
Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *