PPDB SMAN 4 Samarinda Terkendala Server Down, Menyebabkan Antrian Pendaftaran Menumpuk

Suci Surya
10 Views
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim Muhammad Kurniawan. (Muhammad Zulkifli/akurasi.id)

PPDB SMAN 4 Samarinda untuk jalur Prestasi, Afirmasi, Perpindahan Dinas Orang Tua dan Zona Lingkungan di hari pertama mengalami kendala lantaran aplikasi tidak dapat diakses secara online. Sehingga antrian calon peserta didik dan orangtua menumpuk di sekolah tersebut.

Kaltim.akurasi.id, Samarinda – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK Samarinda tahun 2023 untuk Jalur Prestasi, Afirmasi, Perpindahan Dinas Orang Tua, dan Zona Lingkungan resmi dibuka sejak Senin (12/06/2023) lalu. Begitu pula di SMKN 4 Samarinda. Pendaftaran PPDB pada hari ini membuka 4 jalur. Yaitu jalur Prestasi sekitar 15 persen, Afirmasi sekitar 15 persen, Perpindahan Tugas Orang Tua sekitar 5 persen, dan Zona Prioritas RT sekitar 20 persen.

Kepala Sekolah SMAN 4 Samarinda Muhammad Idar menjelaskan proses PPDB berjalan dengan lancar. Namun, terjadi kendala saat mengakses aplikasi PPDB sehingga mengalami server down. “Kami sudah membuka pendaftaran pada hari ini dari pukul 08.00-12.00 Wita pada hari pertama. Saat proses penerimaan dari seleksi berkas berjalan dengan lancar tetapi untuk proses pendaftaran melalui aplikasi PPDB server down,” ujar Idar kepada media Akurasi.id.

Akibatnya, kata Idar, antrian orang tua siswa dan peserta didik akhirnya menumpuk di SMAN 4 Samarinda dikarenakan gangguan server tersebut. Di mana kendala itu tidak hanya terjadi di SMAN 4 Samarinda, namun juga dialami beberapa sekolah lainnya.

“Banyak orang tua siswa yang mengeluh karena masalah ini,” bebernya.

Disdikbud Kaltim Akui Sistem Aplikasi Eror

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim Muhammad Kurniawan mengatakan bahwa pihaknya tidak mengalami kendala jaringan. Namun diduga permasalahan ada pada aplikasinya. “Menurut saya bukan masalah jaringan, tapi ini lebih pada sistem aplikasinya,” terangnya.

Kurniawan berharap agar selanjutnya tidak ada kendala terkait PPDB. Baik itu masalah jaringan maupun server error yang mengakibatkan aplikasi susah diakses. “Harapannya tinggal dari aplikasi yang disediakan oleh penyedia. Semoga kendala pada hari ini supaya tidak terjadi lagi pada hari kedua dan ketiga nanti,” tutupnya. (adv/disdikbudkaltim/zul/uci)

Penulis: Muhammad Zulkifli
Editor: Suci Surya Dewi

Share This Article
Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *