Siap Luncurkan Aplikasi E-Office, Kadiskominfo: Proses Administrasi Lebih Fleksibel

Suci Surya
31 Views

Diskominfo PPU siap luncurkan Aplikasi E-Office. Aplikasi ini berguna memudahkan surat menyurat setiap perangkat daerah di PPU.

Kaltim.akurasi.id, Penajam – Perkembangan IT dan komunikasi yang begitu pesat di era transformasi digital saat ini, turut memengaruhi dunia surat menyurat. Aplikasi persuratan modern sangat diperlukan di era transformasi digital seperti sekarang ini karena fleksibilitas dan kecepatan komunikasi sangat dibutuhkan.

Digitalisasi membantu kinerja pekerja menjadi mudah. Salah satunya melalui kehadiran aplikasi E-Office yang digagas oleh Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Makmur Mabrun. Hadirnya aplikasi ini memudahkan proses adminstrasi seluruh perangkat daerah PPU agar lebih efisien.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU Khairuddin mengatakan, E-Office berguna memudahkan surat menyurat setiap perangkat daerah di PPU.

“Kalau E-Office kan memang salah satu programnya bapak Pj Bupati PPU untuk proses pelayanan administrasi persuratan secara digital,” kata Khairuddin kepada media, belum lama ini.

Khairuddin menjelaskan E-Office merupakan langkah revolusioner dalam proses pelayanan administrasi persuratan secara digital. Sehingga dapat menggantikan metode manual dengan tanda tangan digital untuk mempercepat, menyederhanakan, dan meningkatkan transparansi serta akuntabilitas.

“Prosesnya bisa di mana saja dan lebih mudah prosesnya juga transparan dan akuntabel,” ujarnya.

Untuk saat ini, Diskominfo telah melakukan pendampingan intensif terhadap Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kecamatan, dan kelurahan. Dalam rangka memahamkan mereka akan manfaat dan proses implementasi E-Office. Meskipun terdapat tantangan dalam mengubah paradigma dari manual menjadi digital, upaya pendampingan dan bimbingan teknis (Bimtek) telah dilakukan untuk mempercepat pelaksanaan E-Office.

“Alhamdulillah, hampir semua OPD telah kami lakukan pendampingan Bimtek untuk mempercepat implementasi E-Office. Tinggal menunggu kesiapan Pj Bupati untuk meluncurkan e-Office ini. Insyaallah, jika ada jadwal yang telah ditetapkan, kami akan meluncurkannya pada Februari ini,” ungkapnya.

Selain meningkatkan efisiensi dan aksesibilitas, implementasi e-Office juga diharapkan dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pelayanan administrasi publik.

“Setiap langkah dalam proses administrasi dapat dilacak secara digital, mengurangi risiko kesalahan dan transparan,” pungkasnya. (adv/diskominfoppu/zul/uci)

 

Penulis: Muhammad Zulkifli
Editor: Suci Surya Dewi

Share This Article
Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menu Vertikal
Menu Sederhana
#printfriendly .related-sec { display: none !important; } .related-sec { display: none !important; } .elementor-2760 .elementor-element.elementor-element-0f8b039 { --display: none !important; } .elementor-2760 { display: none !important; }