Apreasiasi Workshop Hospitality PUTRI, Dispar Kaltim: Pelayanan Berperan Penting dalam Pengembangan Pariwisata

Devi Nila Sari
3 Min Read
Foto bersama Workshop Hospitality yang diselenggarakan oleh DPD PUTRI Kaltim. (Istimewa)

Dispar Kaltim mengapresiasi Workshop Hospitality PUTRI yang diselenggarakan oleh DPD PUTRI Kaltim. Sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi SDM dalam bidang perhotelan.

Kaltim.akurasi.id, Samarinda – Dinas Pariwisata (Dispar) Kaltim mengapresiasi pelaksanaan Workshop Hospitality. Yang diselenggarakan oleh Dewan Pengurus Daerah (DPD) Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) Kaltim.

Kepala Dispar Kaltim, Ahmad Herwansyah memuji gerak cepat PUTRI untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan di Daya Tarik Wisata (DTW) atau Destinasi Wisata.

ā€œSaya mewakili Pemerintah Provinsi Kaltim mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih pada DPD PUTRI. Karena telah menyelanggarakan pelatihan ini,ā€ ujar Herwansyah saat hadir pada Workshop Hospitality yang dihelat di Rumah Ulin Arya, Samarinda Senin (27/2/2023).

Ia menilai, pelayanan tamu pariwisata atau hospitality memiliki peranan penting dalam pengembangan pariwisata daerah. Untuk itu, perlu ada kolaborasi stakeholder untuk meningkatkan kualitas wisata di Bumi Etam.

ā€œPelayanan di DTW itu penting sekali. Jadi pelayanan dari tamu masuk, itu kita harus ramah, mengarahkan mau ke mana, sampai mengantar tamu keluar,ā€ terang Iwan, sapaan akrabnya.

Dispar Kaltim Bakal Fasilitasi Sertifikasi Pekerja Pariwisata

Usai pelatihan ini, Dispar akan memfasilitasi sertifikasi bagi tenaga pekerja Pariwisata. Sebagai bentuk komitmen peningkatan kualitas SDM di bidang pariwisata.

ā€œKarena DPD PUTRI sudah menggelar pelatihan pelayanan, nanti sertifikasinya biar dari Dispar Kaltim. Jadi setelah dilatih, adik-adik itu harus diberi sertifikasi keahlian,ā€ pungkasnya.

Workshop Hospitality sendiri digelar oleh DPD PUTRI Kaltim dan diikuti sebanyak 43 pegawai destinasi dari Samarinda, Bontang, Kutai Timur (Kutim) dan Kutai Kartanegara (Kukar).

Materi pelatihan diisi oleh empat pemateri dari eksternal dan internal PUTRI. Dengan tema pelatihan di antaranya Customer Service Excellent, Personal Branding, Public Speaking for Tourism Industry dan Corporate Service.

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPD PUTRI Kaltim Dian Rosita menjelaskan pelatihan ini adalah upaya untuk mewujudkan cita-cita PUTRI Kaltim, untuk tumbuh besar dan kuat secara bersama-sama.

ā€œPesertanya adalah pekerja pariwisata, karena mereka lah yang menjadi ujung tombak destinasi. Yang berhadapan langsung dengan tamu,ā€ ucapnya.

Workshop Hospitality dibuka untuk seluruh destinasi di bawah naungan PUTRI Kaltim. Dian berharap, setelah pelatihan ini seluruh destinasi wisata dapat menerapkan pelayanan prima.

ā€œ Karena citra daerah ini, beberapa di antaranya berada di sektor pariwisata,ā€ pungkas Dian. (*/pt)

Penulis: Pewarta
Editor: Devi Nila Sari

Share This Article
Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *