MPP Tambah Fasilitas Taman Bermain, DPMPTSP Bontang Hadirkan Pelayanan Ramah Keluarga

Suci Surya
1 View
DPMPTSP Bontang beri fasilitas taman bermain anak di MPP. (Dok. Siti Rosidah More/Akurasi.id)

Penambahan taman bermain ini merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah terhadap pengunjung MPP yang datang bersama keluarga, khususnya anak-anak.

Kaltim.akurasi.id, Bontang – Dalam upaya meningkatkan kenyamanan pengunjung, Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Bontang yang berlokasi di lantai 4 Pasar Rawa Indah kembali menghadirkan inovasi baru. Kini, MPP yang dikelola oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bontang menambah fasilitas berupa taman bermain anak.

Fasilitas ini hadir sebagai bentuk kepedulian terhadap warga yang datang ke MPP sambil membawa anak kecil. Diharapkan dengan hadirnya ruang bermain tersebut, masyarakat dapat lebih nyaman dan tenang dalam mengurus berbagai keperluan administrasi dan perizinan.

Pranata Humas DPMPTSP Bontang Maulina Noor menyampaikan bahwa penambahan taman bermain ini merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah terhadap pengunjung MPP yang datang bersama keluarga, khususnya anak-anak.

“Sering kali kami melihat ada pengunjung yang kerepotan karena harus membawa anak saat mengurus layanan. Dengan adanya taman bermain ini, kami berharap mereka bisa lebih leluasa dan fokus menjalankan urusannya,” ujar Maulina, pada Senin (5/5/2025).

Taman bermain tersebut ditempatkan di area strategis di tengah MPP agar tetap dalam jangkauan pengawasan orang tua. Desainnya pun dibuat ramah anak dan aman digunakan, dengan beberapa permainan edukatif dan fasilitas duduk bagi pendamping.

Langkah ini merupakan bagian dari komitmen DPMPTSP Bontang dalam menghadirkan layanan publik yang inklusif dan humanis. Tak hanya fokus pada percepatan dan digitalisasi layanan, DPMPTSP juga memberikan perhatian terhadap sisi kenyamanan fisik dan psikologis masyarakat yang datang langsung ke lokasi pelayanan.

“Konsep Mal Pelayanan Publik adalah tempat semua layanan dalam satu atap, maka sudah semestinya juga memberikan kenyamanan secara menyeluruh bagi semua pengunjung,” tambah Maulina.

Ia juga menekankan bahwa taman bermain ini tidak hanya sekadar tambahan estetika, tapi menjadi bagian dari strategi pelayanan publik modern. Di mana kenyamanan pengguna layanan menjadi bagian penting dalam menilai kualitas pelayanan itu sendiri.

DPMPTSP Bontang juga berharap dengan adanya fasilitas ini, jumlah kunjungan langsung ke MPP akan meningkat. Banyak masyarakat yang selama ini memilih menunda pengurusan izin atau layanan karena terkendala anak yang harus dijaga. Kini, mereka memiliki opsi yang lebih ramah keluarga.

Ke depan, DPMPTSP berencana melakukan evaluasi rutin terhadap penggunaan fasilitas ini. Jika antusiasme tinggi, pengembangan bisa dilakukan baik dari segi luas area maupun jenis permainan.

“Semoga masyarakat yang ingin menjalankan urusan bisa lebih nyaman, anak juga tidak rewel karena sudah ada area bermain mereka sendiri,” tutup Maulina. (adv/dpmptspbontang/cha/uci)

Penulis: Siti Rosidah More
Editor: Suci Surya Dewi

Share This Article
Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *