Pemkab PPU luncurkan aplikasi Silat Pesut E-Controlling. Untuk optimalkan pengawasan pembangunan.
Kaltim.akurasi.id, Penajam – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (Pemkab PPU) terus melakukan inovasi dalam mendukung transparansi dan efektivitas pelaksanaan pembangunan daerah.
al itu ditandai dengan peluncuran Aplikasi Sistem Informasi Laporan Terintegrasi atau Silat Pesut “E-Controlling”, yang secara resmi dilaunching oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten PPU, Nicko Herlambang, mewakili Bupati PPU, Kamis (10/4/2025).
Dalam sambutannya, Nicko Herlambang menjelaskan bahwa Aplikasi Silat Pesut “E-Controlling” merupakan pengembangan dari sistem aplikasi yang sudah lebih dulu digunakan di lingkungan Pemkab PPU.
Inovasi berbasis website ini dirancang untuk meningkatkan efektivitas pelaporan kegiatan pembangunan daerah. Dengan sistem yang telah terintegrasi secara langsung dengan data PAGU pada sistem informasi pemerintahan daerah (SIPD) dan data rencana umum pengadaan (RUP) dari SIRUP LKPP.
“Dengan adanya aplikasi ini, kita ingin memastikan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan, khususnya pembangunan fisik di lapangan, dapat terpantau sejak awal,” ujar Nicko.
Melalui Aplikasi Silat Pesut, Serapan Anggaran Bisa Dipantau Secara Real Time
Selain itu, pimpinan OPD dan bupati bisa langsung melihat progres pelaksanaan kegiatan, sehingga bisa cepat mengambil langkah jika terjadi kendala.
Ia menekankan, aplikasi ini tidak hanya untuk mengontrol kegiatan fisik pembangunan, tetapi juga berperan penting dalam menjaga pengelolaan keuangan daerah agar tetap likuid. Melalui sistem ini, serapan anggaran bisa dipantau secara real time, dan permasalahan yang muncul di lapangan dapat segera diketahui serta ditindaklanjuti.
“Tujuannya adalah agar pelaksanaan kegiatan pembangunan bisa optimal, efisien, dan sesuai dengan rencana. Selain itu, SKPD bisa lebih kompetitif dalam memaksimalkan progres kegiatan mereka,” tambahnya.
Nicko juga menambahkan, dengan Silat Pesut “E-Controlling”, Pemkab PPU berharap bisa meningkatkan kualitas layanan publik dan pelaksanaan pembangunan yang berbasis data akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.
Aplikasi ini sekaligus menjadi bagian dari upaya reformasi birokrasi yang terus digenjot oleh Pemkab PPU, demi mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih baik.
Di akhir sambutannya, Nicko Herlambang mengucapkan apresiasi dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras dalam pembangunan aplikasi ini.
Ia secara khusus menyampaikan penghargaan kepada para penggagas, tim tenaga ahli, tim Adbang, serta para admin SKPD yang akan menjadi ujung tombak pengoperasian aplikasi tersebut.
“Semoga aplikasi ini dapat dimanfaatkan secara maksimal dan berkelanjutan untuk mendukung tata kelola pemerintahan yang lebih transparan dan akuntabel,” tutupnya. (Adv/diskominfoppu/zul)
Penulis: Muhammad Zulkifli
Editor: Devi Nila Sari