Trending

Verifikasi Data Belum Rampung, Bantuan Korban Kebakaran Pasar Citra Mas Loktuan Ditunda Lagi

Verifikasi Data Belum Rampung, Bantuan Korban Kebakaran Pasar Citra Mas Loktuan Ditunda Lagi
Kebakaran Pasar Citra Mas Loktuan beberapa waktu lalu (Akurasi.id)

Verifikasi data belum rampung, bantuan korban kebakaran Pasar Citra Mas Loktuan ditunda lagi. Calon penerima bantuan yang telah divalidasi ada sebanyak 484 dari jumlah 596 pedagang pasar Citra Mas Loktuan.

Akurasi.id, Bontang – Ratusan pedagang yang menjadi korban kebakaran di Pasar Citra Mas Loktuan, sampai saat ini belum tersentuh bantuan dari pemerintah. Meski musibah kebakaran terjadi sejak awal Februari 2021 lalu.

Sebelumnya, Pemkot Bontang menjadwalkan akan memberikan bantuan kepada pedagang yang menjadi korban, Selasa (30/11/2021) hari ini. Namun, rencana tersebut rupanya kembali mengalami penundaan.

Penundaan tersebut dilakukan lantaran proses verifikasi data pedagang belum rampung. “Tunggu selesai verifikasi baru kita salurkan. Mungkin bulan depan,” ujar Sekretaris Kota Bontang, Aji Erlynawati, Selasa (30/11/2021).

Hal serupa juga disampaikan Kepala Dinas Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Diskop-UKMP) Bontang, Kamilan.

Pimpinan Diskop UKMP yang baru itu bilang, semua tahapan proses sudah diselesaikan. Termasuk disposisi penyaluran bantuan dari Wali Kota Bontang juga sudah dilakukan. Hanya saja, pihaknya kembali meminta agar memeriksa ulang hasil verifikasi berkas yang sebelumnya dilakukan.

“Sudah setujui Wali Kota. Setelah berkas selesai diverifikasi. Akan langsung disalurkan. Jadi mohon bersabar dulu,” jelasnya.

Baca Juga  Kirim Pesan ke Wamen PUPR, Aji Mawar: Pembangunan Fly Over Muara Rapak Mendesak

Kata dia, proses verifikasi perlu dilakukan dengan kehati-hatian agar data pedagang dan besaran yang akan disalurkan sesuai, dan tepat sasaran. “Proses verifikasi perlu kehati-hatian, jangan sampai terjadi kesalahan,” kata Kamilan

Sebagai informasi, calon penerima bantuan yang telah divalidasi ada sebanyak 484 dari jumlah 596 pedagang pasar Citra Mas Loktuan. Artinya ada 112 pedagang yang tak menerima bantuan sosial dari pemerintah.

Adapun 484 penerima bantuan sosial itu terbagi menjadi tiga kategori, yakni 286 petak pedagang yang terbakar total, 120 orang yang terdampak dan 78 pedagang pengampar.

Baca Juga   Laka Maut Muara Rapak, Irwan: Harus Ada Evaluasi, Tindak ODOL Dalam Kota

Bantuan bagi 286 pedagang yang kiosnya ludes terbakar senilai Rp 5 juta. Sedangkan bagi pedagang dan pengampar yang terdampak akan mendapat bantuan uang tunai senilai Rp 1.250.000. Adapun total anggaran yang digelontorkan untuk bantuan sebanyak Rp 1,6 miliar. (*)

Penulis: Fajri Sunaryo

Editor: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait

Back to top button