Diskominfo PPU Gelar Bimtek Penggunaan Aplikasi e-Office untuk CPNS dan PPPK

Devi Nila Sari
17 Views
Bimtek Diskominfo PPU. (Dok Diskominfo PPU)

Bimtek penggunaan aplikasi e-office untuk CPNS dan PPPK, bertujuan untuk peningkatan pegawai baru dalam mengoperasikan sistem administrasi berbasis digital.

Kaltim.akurasi.id, Penajam – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) penggunaan aplikasi e-Office. Bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Kegiatan ini berlangsung di ruang rapat diskominfo, Kamis (13/6/2025).

Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pegawai baru dalam mengoperasikan sistem administrasi digital berbasis e-Office, yang telah diterapkan di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) PPU. Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Aplikasi Informatika dan Persandian, Syafrudin Lamato.

“Kami berharap para CPNS dan PPPK bisa segera beradaptasi dengan sistem kerja digital, sehingga dapat menunjang efektivitas dan efisiensi administrasi perkantoran,” kata dia.

Ia mengatakan, materi yang diberikan mencakup pengenalan fitur e-Office seperti menu disposisi, pembuatan surat dinas, pengarsipan digital, hingga sistem pemantauan surat masuk dan keluar secara daring. Para narasumber merupakan staf teknis diskominfo yang berpengalaman dalam pengelolaan sistem e-Office di lingkungan pemerintahan.

“Pesertanya interaktif dan aktif berdiskusi untuk menyampaikan kendala-kendala teknis yang mungkin muncul dalam penggunaan aplikasi,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini, Lamato berharap, seluruh CPNS dan PPPK memiliki kemampuan yang memadai untuk menjalankan tugas kedinasan secara profesional.

“Sekaligus mendukung percepatan transformasi digital dalam birokrasi pemerintahan daerah,” tutupnya. (Adv/diskominfoppu/nah)

Penulis: Nelly Agustina
Editor: Devi Nila Sari

Share This Article
Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *