DPMPTSP Kaltim Dorong UMKM Masuk Pasar Global: Gandeng Perusahan yang Miliki Legalitas

kaltim_akurasi
6 Views
Sekretaris DPMPTSP Kaltim Noer Adenany mendorong agar UMKM di Kaltim mengembangkan pemasaran hingga di tingkat global. (Istimewa)

DPMPTSP Kaltim terus berupaya menjembatani pelaku UMKM untuk meningkatkan hasil pemasaran mereka. Salah satunya, DPMPTSP Kaltim berupaya mendorong UMKM masuk pasar global. Caranya, dengan menggandeng perusahaan yang telah memiliki legalitas.

Kaltim.akurasi.id, Samarinda – Sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu elemen penting dalam perputaran perekonomian. Baik pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi dan kabupaten/kota terus berbondong-bondong melakukan pembenahan.

Mulai dari peningkatan kualitas, keanekaragaman, keunikan, hingga go digital untuk para pelaku UMKM. Karena memanfaatkan perkembangan zaman sudah menjadi suatu keharusan bagi UMKM jika ingin berkembang dan tumbuh lebih besar.

Hal itu juga ternyata disadari oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Belakangan ini diketahui, DPMPTSP Kaltim bahkan membagikan beberapa tips untuk mengelola UMKM yang maju melalui pemanfaatan platform digital.

Sekretaris DPMPTSP Kaltim, Noer Adenany yang mengutarakan, bahwa kemitraan UMKM dengan usaha besar sangat penting. “Agar UMKM bisa masuk dalam rantai produksi global, meningkatkan peluang UMKM untuk naik kelas, dan meningkatkan kualitas usaha UMKM menjadi lebih kompetitif,” ujarnya.

Maka dari itu, untuk meningkatkan dan memperkuat ekonomi. DPMPTSP Kaltim mengajak UMKM bermitra dengan perusahaan yang memiliki legalitas berkualitas dan mampu memenuhi standar yang ditetapkan.

Pentingnya UMKM Masuk Pasar Global!

Mengapa hal yang demikian sangat perlu dilakukan? Noer Adenany menjabarkan, bahwa persaingan pasar saat ini sudah begitu kompetitif. Di mana, konsumen tidak sekadar melihat mutu dan kualitas produk UMKM semata. Melainkan, konsumen juga membutuhkan jaminan atau legalitas atas produk yang mereka miliki.

DPMPTSP Kaltim menurut Adenany mencoba menjembati hal itu. Misalnya, di awal tahun 2023 ini, DPMPTSP Kaltim telah menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan di Kaltim untuk bisa bermitra dengan pelaku UMKM.

Di sisi lain, kedepannya, dengan kerja sama tersebut, UMKM secara bertahap bisa mengembangkan pemasarannya. Jika selama ini hanya di Kaltim, maka kedepannya, sudah harus merambah pasar nasional hingga global.

“Mudah-mudahan dengan kerja sama atau kemitraan yang telah terjalin dengan perusahaan, akan semakin meningkatkan hasil pemasaran UMKM. Yang paling penting, dari kerja sama ini, UMKM di Kaltim bisa mengembangkan pasar yang mereka miliki,” tuturnya. (adv/dpmptspkaltim/ar/drh)

Penulis: Pewarta
Editor: Redaksi Akurasi.id

Share This Article
Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *