DPMPTSP Kaltim gencarkan promosi investasi dengan memperkuat kerja sama dan sinergitas dengan berbagai lembaga. Tujuan dari DPMPTSP Kaltim gencarkan promosi investasi ini, yakni untuk menjangkau pasar yang lebih luas lagi.
Kaltim.akurasi.id, Samarinda – Sinergitas dengan berbagai stakeholder terus diperkuat Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kaltim. Jalinan kerja sama lintas lembaga dan instansi ini bertujuan sebagai upaya DPMPTSP Kaltim dalam mendorong promosi investasi dan perizinan secara lebih luas lagi.
Kepala Bidang Promosi Penanaman Modal DPMPTSP Kaltim, Arie NN Oetomo mengakui, jika kerja sama dengan lintas sektor sangat penting. Dari kerja sama itu, banyak hal yang bisa dikolaborasikan untuk memperkenalkan ragam potensi investasi atau peluang bisnis yang ada di Tanah Benua Etam, sebutan Kaltim.
Di antara kerja sama dan sinergitas lintas sektor yang DPMPTSP Kaltim lakukan, sambung Arie, yakni dengan sinergi promosi dengan Kementerian Investasi atau Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Termasuk dengan Regional Investor Relation Unit (RIRU).
“Sinergitas tersebut dituangkan kedalam beberapa kegiatan. Seperti kegiatan Forum Bisnis ataupun Bisnis Macthing,” tuturnya kepada wartawan media ini akhir pekan lalu.
DPMPTSP Tarik Investor Melalui Pengembangan Aplikasi Perizinan
Selain itu, Arie memaparkan, pengembangan promosi hingga sosialisasi investasi ini tidak hanya dilakukan dengan memperluas kerja sama dengan berbagai instansi. Melainkan dengan mendorong pengembangan aplikasi pelayanan investasi dan perizinan di DPMPTSP Kaltim. Dengan tujuannya, bermuara pada peningkatan investasi di Benua Etam.
Di antara pengembangan pelayanan itu, yakni dengan menghadirkan aplikasi promosi berbasis android yang dikenal dengan nama Sistem Informasi Promosi Investasi (SIMOSI). Pengembangan layanan berbasis digital ini, sekaligus sebagai upaya DPMPTSP Kaltim menjawab perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat yang sudah serba berbasis internet.
“Kami mencoba mengikuti perkembangan teknologi dengan merancang aplikasi yang bisa memudahkan pelayanan. Kami juga mencoba memanfaatkan perkembangan media sosial saat ini sebagai bagian dari platform promosi dan sosialisasi,” jelasnya.
Ia menambahkan, selain mempromosikan potensi dan peluang investasi, untuk menarik investor turut dilakukan pembentukan citra daerah. Guna melengkapi hal tersebut, kedepannya DPMPTSP Kaltim akan menggandeng influencer untuk melakukan promosi.
“Dengan skema endorsmen, lomba konten kreatif dan lainnya. Secara langsung maupun tidak langsung mereka ikut terlibat dalam mempromosikan investasi di Kaltim. Kami berharap, berbagai upaya ini bisa terus meningkatkan nilai investasi bagi pembangunan Kaltim,” harap Arie. (adv/dpmptspkaltim/yed/drh)
Penulis: Yasinta Erikania Daniartie
Editor: Redaksi Akurasi.id