Pemerintah yang baik harus mampu menyampaikan informasi secara lengkap dan komprehensif dengan cara dan metode yang menarik bagi masyarakat. Oleh sebab itu, Pemkot Bontang melalui BKPSDM menggelar Pelatihan Digital Marketing untuk ASN.
Kaltim.akurasi.id, Bontang – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) menggelar Pelatihan Digital Marketing. Kegiatan yang diperuntukkan ASN di Lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang ini berlangsung selama 2 hari, yakni mulai 16-17 Oktober 2023.
Pada pelatihan ini menghadirkan narasumber Yulius G Kusuma sebagai Branding Spesialis dan Media Sosial. Serta Fidriansyah selaku Praktisi E-Commerce Marketing. Adapun pelatihan ini dilaksanakan dengan metode pembelajaran klasikal.
Kepala BKPSDM Bontang Sudi Priyanto menyampaikan laporan kepanitiaan pada pelatihan tersebut. Kata dia, pemerintah yang baik harus mampu menyampaikan informasi secara lengkap dan komprehensif. Dengan cara dan metode yang menarik bagi masyarakat.
“Ini penting karena tugas pemerintah diantaranya adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang apa yang telah dan sedang dilaksanakan, serta target kedepan yang ingin dicapai,” kata Sudi kepada Akurasi.id, Senin (16/10/2023).
Perlu strategi jitu yang diselaraskan dengan perkembangan teknologi informasi diera digital saat ini. Oleh karena itu sangat diperlukan kemampuan ASN setiap perangkat daerah maupun UPT dan kelurahan untuk menampilkan banyak hal hebat kepada publik, melalui tampilan promosi yang berkualitas.
“Hal ini sekaligus juga merupakan bentuk penyampaian pertanggungjawaban atas amanah yang telah dilaksanakan ASN secara jujur, transparan, dan bertanggung jawab kepada masyarakat,” bebernya.
Sudi menambahkan bahwa kemampuan digital informasi atau marketing ini juga bertujuan untuk menangkal hoaks yang sering muncul dan menimbulkan keresahan di masyarakat.
“Kita harus perangi hoaks, guna menciptakan situasi yang kondusif di masyarakat sebagai modal utama terselenggaranya pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan,” paparnya.
Acara yang dihadiri para ASN yang memiliki peran publikasi disetiap unit kerja ini dibuka Plt Asisten Administrasi Umum Bontang, Akhmad Suharto. Dalam arahannya dia menyampaikan bahwa dalam dunia kerja komunikasi merupakan salah satu aspek yang sangat dibutuhkan untuk menjaga etos kerja yang positif.
Menurutnya, cara komunikasi yang tepat menjadi tantangan bagi pemerintah untuk memberikan informasi yang cepat, menarik, mudah dipahami, dan akuntabel. “Dengan komunikasi yang baik dan tepat dapat meningkatkan produktivitas kerja,” jelasnya.
Era perkembangan teknologi informasi harus bisa disikapi dengan bijak, semua informasi dapat dengan mudah diakses melalui berbagai platform. Oleh karena itu, kata Akhmad Suharto, salah satu peluang yang perlu mendapat perhatian khusus dalam mendayagunakan perkembangan teknologi informasi khususnya dalam penyampaian program-program pemerintah dan promosi potensi daerah adalah Digital Marketing yaitu pemasaran yang berbasis digital.
“Pemasaran yang dimaksud, yaitu bagaimana mengemas produk informasi atau layanan yang ada pada perangkat daerah dengan sedemikian rupa menarik,” bebernya.
Pemasaran tersebut bertujuan membangun branding, memperluas jangkauan yang seluas-luasnya kepada penerima layanan secara online. Baik melalui website, Facebook, Instagram, Tiktok maupun Youtube. Oleh karena itu, kata dia, sangat perlu mempelajari tekniknya untuk membuat konten yang menarik, singkat, padat dan jelas.
“Oleh karena itu diharapkan kepada seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini hingga selesai dan dapat mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan trik didapatkan. Agar terwujud Kota Bontang yang hebat dan beradab,” pungkasnya. (adv/bkpsdmbontang)
Penulis: Pewarta
Editor: Suci Surya Dewi